Kisah | Dua Bersaudara yang Berbeda

Dua Bersaudara yang Berbeda


Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah Saw bersabda:

Nurul Haromain
Ada dua orang di kalangan Bani Israel yang menjalin ikatan persaudaraan. Salah satu dari mereka seorang yang gemar melakukan dosa. Sedang seorang lagi sangat rajin beribadah. Orang yang rajin beridah yang seringkali menyaksikan saudaranya melakukan dosa, memberikan peringatan: “Berhentilah!”. 

Hingga suatu hari saat melihat saudaranya itu dalam kemaksiatan (yang menurutnya besar dan tidak bisa dibiarkan, maka) ia berkata: “Berhentilah!” saudaranya itu marah dan menjawab: “Biarkan diriku dan Tuhanku. Apakah kamu diperintah untuk terus mengawasiku?!” Ia berkata: “Demi Allah, Allah tidak akan mengampunimu dan tidak pula akan memasukkanmu ke surga”

Sampai ketika keduanya telah meninggal dunia dan bertemu di sisi Tuhan semesta alam. Dia (Allahazza wajalla) berfirman kepada orang yang rajin beribadah: “Apakah kamu mengetahui tentangKu, apakah kamu memiliki kekuasaan pada apa yang ada di sisiKu?” lalu Dia berfirman kepada orang yang gemar melakukan dosa: “Masuklah surga dengan rahmatKu!” Lalu Allah berfirman untuk orang yang rajin ibadah: “Pergilah kalian dan bawalah orang ini ke naraka!”

HR Abu Dawud no: 4893

Baca Juga : Batu Asah

Kesimpulan:

  1. Ucapan Allah tidak akan mengampunimu sedangkan Allah Dzat Maha Pengampun adalah di antara ucapan yang menjadikan pemiliknya celaka dunia dan akhirat. 
  2. Haram hukumnya membuat manusia berputus asa dari rahmat Allah.
  3. Teman sejati adalah teman yang mau mengingatkan ketika kita bersalah. Bukan teman yang selalu mendukung kita.
  4. Kebaikan dan keburukan seseorang pada hakikatnya hanya Allah yang Maha Mengetahui. Oleh karena itulah dalam menilai orang lain kita tidak boleh hanya terpukau dan berhenti melihat aspek luar saja. 


Share on Google Plus

About tdmenha pujon

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.