Abdulloh bin Mas'ud

Abdulloh bin Mas'ud

Suatu saat beliau berjalan kemudian orang-orang mengikutinya. Kenapa mengikuti saya ? Apa ada hajat ?. Mereka menjawab : tidak, kita ingin berjalan bersamamu. Beliau berkata : Pulanglah, sebab berjalan seperti ini kehinaan bagi orang yang mengikuti dan fitnah bagi orang yang diikuti . Andai kalian tahu apa yang aku ketahui atas diriku, pastilah kalian akan menaburkan debu di kepalaku .

Alangkah indahnya dua hal yang tidak disenangi dan dibenci. Yaitu Maut dan kefakiran . Dan aku tidak peduli saat diuji dengan itu. Bahwa hak Alloh ta'ala dari kaya dan miskin adalah ketentuan Alloh. Kalau ada kekayaan, maka agar memberikan kasih-sayang pada sesama . Adapun kefaqiran adalah ujian apakah ia sabar atau tidak. 

Nurul HaromainDalam perjalanan siang dan malam adalah ajal yang semakin berkutan, amal yang di catat sedang mati datangnya mendadak. Barang siapa menanam kebaikan pasti akan bahagia, barang siapa menanam keburukan hampir saja menuai kekecewaan. Siapa yang menanan pelan-pelan maka akan menuainya pelan-pelan. Semua itu kembali pada Alloh. Siapa mendapat kebaikan, adalah Alloh yang  memberi.  

Ketahuilah, mebunuh muslim adalah kekufuran, mencela mereka adalah kefasikan, tidak halal bagi muslim untuk mendiamkan saudaranya lebih dari 3 hari hingga ia memberikan salam ketika bertemu. Jangan memberikan janji pada anak lantas mengingkarinya dan tidak melestarikannya. Fujur akan membawa seseorang ke nereka, kejujuran akan mengantarkannya pada kebenaran dan kebaikan = surga.

Seorang yang melakukan kejujuran hingga ditulis sebagai orang yang jujur, ada orang yang berbohong hingga ditulis alloh sebagai orang yang bohong. Omongan yang tidak bersandar (qiila wa qool = adu domba), paling kuatnya tali adalah kalimat takwan, sebaik2nya agama adalah agama yang dibawa Ibrohom AS, sebaiknya sunnah adalah sunnah rosululloh, ... sebaik-baik perkara adalah pungkasane. Yang diada-adakan tanpa dalil adalah bid'ah.

Seburuk alasan minta ampun adalah ketika akan mati . Seburuk-buruknya penyesalan adalah di hari qiyamat,  sebaik bekal adalah keimanan, sebaik hal yang disampaikan pada hati adalah keyakinan .
Khomer adalah tempat kopletnya dosa dan perempuan (yang tidak Sholehah) adalah perangkap syetan. Keremajaan adalah bagian dari kegilaan. Meratapi orang mati dengan raungan tangis adalah amalan jahiliyah. ....

Paling agungnya kesalahan adalah berbohong. Barang siapa bisa menahan amarah maka Alloh akan membalasnya dengan banyak. Seburuk-buruknya kerja adalah dari riba, seburuk-buruknya makanan adalah makan harta yatim. Semuanya akan kembali pada ukuran 4 hasta (kuburan). Yang paling mulianya kematian adalah syuhada. Barang siapa taat pada setan akan bermaksiat pada alloh.

Bagi penghafal al Qur'an adalah nderesnya saat orang-orang tidur dimalam hari dan di siang harinya ia mengawalnya (dilalar) disaat orang tertawa dan sedihnya, Ketika orang ngomong kesana-kemari, penuh rekayasa. Lebih banyak diam, tidak bersuara gaduh atau menjerit dan tidak sekeras besi. Barang siapa menganggap dirinya agung, alloh akan menurunkannya. Bagi malaikat dan setan ada sentuhan. Sentuhan kebaikan itu berasal dari Alloh, sedangkan bisikan buruk adalah bisikan dari setan . Sentuhan setan adalah mendustakan kebaikan.


Barang siapa ucapannya cocok denga perbuatannya maka, bila tidak cocok berarti dia “meleh2no awake”. Aku tidak menemukan salah satu kalian pada bangkainya malam hari (turu thok). Jadilah seperti  Qutrob yang tidak pernah istirahat dari bergerak. Hampir saja tidak kendor dalam mencari makanan. Aku tidak suka orang yang farighon (nganggur) tanpa amalan dunia dan tidak ada amalan akhirot.

Barang siapa yang sholatnya  tidak menjadikan ia terhindar dari keburukan, maka tidak akan dari Alloh melainkan jauh darinya. jangan kau senangkan orang dengan mungundang murka Alloh, jangan memuji rizki  dari Alloh dan jangan mencela orang atas apa yang tidak alloh berikan padamu. Tidak mendorongnya semangat orang yang semangat.

Tidak sampai seseorang pada puncak iman hingga dalam fakir  lebih dicintai dari pada kekayaan.
Share on Google Plus

About tdmenha pujon

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.