Sebelas Faedah Membaca

Sebelas Faedah Membaca

Nurul Haromain


  1. Membaca dapat mengusir perasaan was-was, kecemasan, dan kesedihan.
  2. Membaca dapat menghindarkan seseorang agar tidak tenggelam dalam hal-hal yang batil.
  3. Membaca dapat menjauhkan kemungkinan seseorang untuk berhubungan dengan orang-orang yang menganggur dan tidak memiliki aktivitas.
  4. Membaca dapat melatih lidah untuk berbicara dengan baik, menjauhkan kesalahan ucapan, dan menghiasainya dengan balaghah dan fashahah.
  5. Membaca dapat mengembangkan akal, mencerahkan pikiran, dan membersihkan hati nurani.
  6. Membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan daya ingat serta pemahaman.
  7. Dengan membaca orang dapat mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain, kebijaksanaan kalangan bijak bestari, dan pemahaman ulama.
  8. Mematangkan kemampuan seseorang untuk mencari dan memproses pengetahuan, untuk mempelajari bidang-bidang pengetahuan yang berbeda, dan penerapannya dalam kehidupan nyata.
  9. Menambah keimanan, khususnya ketika membaca buku-buku karangan kaum muslimin. Sebab buku merupakan, pemberi nasihat yang paling agung, pendorong jiwa yang paling besar, dan penyuruh kepada kebaikan yang paling bijaksana.
  10. Membaca dapat membantu pikiran agar lebih tenang, membuat hati agar lebih terarah, dan memanfaatkan waktu agar tidak terbuang percuma.
  11. Membaca dapat membantu memahami, proses terjadinya kata secara lebih detail, proses pembentukan kalimat, untuk menangkap konsep dan memahami apa yang berada di balik tulisan.

Seorang penyair mengatakan,
Kehidupan jiwa adalah konsep dan makna,
bukan yang engkau makan dan minum

Share on Google Plus

About tdmenha pujon

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.