Suami yang Sholeh

Suami yang Sholeh


Buat seorang wanita, harta yang paling berharga di dalam hidup ini adalah seorang suami yang sholeh, kepadanyalah, seorang istri akan merasakan kebahagian di dalam hidupnya dan di akhirat kelak, keberuntunganlah yg akan di terima seorang istri, jika dia mempercayakan hidupnya, memberikan segala cinta, perhatian, dan kasih sayangnya kepada suami yang sholeh, karena dirinyalah, seorang istri akan mendapatkan apa yg di dambanya, ketenangan, keteduhan, kedamaian, perlindungan dan cinta serta sayang.

Ciri-ciri suami yang sholeh yaitu:
Suami yang Sholeh
  • Suami yang sholeh adalah seorang yang bisa membahagiakan istri dan anak-anaknya serta keluarganya baik di dunia ataupun di akhirat kelak. Seorang suami yang sholeh tidak akan memberi istri dan anak-anaknya kecuali dengan harta yang halal.


  • Seorang suami yang sholeh adalah suami yang mampu menjaga amanah yang di berikan kepadanya, dan istri adalah amanah yg diberikan kepada seorang laki-laki yg menjadi suaminya.


  • Seorang suami yang sholeh adalah seorang suami yang mampu memperlakukan istri dan juga kepada anak-anaknya dengan sifat-sifat yang terpuji, seorang suami yang sholeh akan selalu memperlakukan istrinya dengan sabar, sabar dengan setiap kesalahan-kesalahan istrinya dan memperlakukan istrinya dengan kelembutan dan penuh maaf saat istri di penuhi dengan emosi dan kemarahan.
Rasululloh Shallallahu Alaihi Wasallam. menilai bahwa suami yang terbaik baik adalah yang paling baik pada istrinya. “Orang Mukmin yang paling sempurna Imannya ialah yang paling baik akhlaqnya, dan sebaik-baik kamu adalah yang paling baik kepada istrimu.” (HR. Tirmidzi).

...Dan bergaullah dengan mereka secara baik...” (QS. An-Nisaa: 19).

“Sebaik-baik kalian adalah kalian yang terbaik terhadap istrinya. Dan aku adalah yang terbaik diantara kalian terhadap istriku.” (HR. Ibnu Majah).

“Hendaklah kamu (suami) memberi makan istri apabila engkau makan, dan engkau beri pakaian kepadanya bila engkau berpakaian, dan jangan engkau pukul mukanya, dan jangan engkau jelekkan dia, dan jangan engkau jauhi melainkan di dalam rumah.” (HR. Ahmad, Abu Daud, Nasa'i, dan yang lainnya).

  • Suami yang sholeh adalah suami yang mampu menjadi pemimpin di dalam rumah tangganya, seorang suami bagaikan pemerintah di dalam rumah tangganya, seorang suami yang sholeh adalah yang mampu memperhatikan hak dan kepentingan rakyatnya di dalam pemerintahan yang di pimpinnya, dalam hal ini adalah istrinya. Memberi Bimbingan pada Keluarga, suami mempunyai status sebagai pemimpin dalam keluarga, karenanya ia berkewajiban memberi nafkah lahir, batin, dan memberi bimbingan agama kepada istri dan anaknya.

“Dan kewajiban ayah (suami) memberi makan dan pakaian kepada para ibu (istri) dengan cara yang baik.” (QS. Al-Baqarah: 233).

“Tempatkanlah mereka (para istri) di mana kamu bertempat tinggal menurut kemampuanmu dan janganlah kamu menyusahkan mereka untuk menyempitkan (hati) mereka.” (QS. Ath-Thalaaq: 6).

“Kaum laki-laki (suami) itu adalah pemimpin bagi kaum wanita (istri), oleh karena Alloh telah melebihkan sebagian mereka (suami) atas sebagian yang lain (istri), dan karena mereka (suami) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.” (QS. An-Nisaa: 34).

“Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan sholat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.” (QS. Thahaa: 132).

“Apabila seorang muslim memberikan nafkah kepada keluarganya dengan mengharap keridloan Alloh maka baginya Shodaqah.” (HR. Bukhari).

  • Seorang suami yang sholeh akan selalu mampu bersikap bijaksana di dalam tindakannya, menghargai pendapat istrinya, dan jika terjadi perbedaan pendapat dengan istrinya dengan sikap terpuji dan penuh cinta kasih menghargai pendapat sang istri serta mencari titik temu bersama dalam kerangka yang diperintahkan oleh Alloh Subhana Wa Ta'ala dan menjauhi segala apa yang di larang oleh Alloh Subhana Wa Ta'ala.


  • Seorang suami yang sholeh akan selalu mampu menjadi teladan terpuji buat istri dan anak-anaknya, mampu menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan yang baik, dan mendidik diri, istri, dan anak-anaknya untuk menapaki jalan-jalan yg menuju keridhoan Alloh.


  • Seorang suami yang sholeh adalah seorang suami yang mampu membuat dirinya, istrinya dan anak-anaknya mencintai ilmu, menguasai ilmu dan mampu mengamalkannya, menjadikan ilmu yang di perolehnya itu bermanfaat bagi Bangsa, Negara, dan Agamanya.


  • Seorang suami yang sholeh adalah suami yang mampu membuat istrinya dan anak-anaknya tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang luar biasa serta menapaki tangga-tangga sukses di dunia dan di akhirat kelak.


  • 9. Seorang suami yang sholeh adalah suami yang mampu membimbing istri dan anak-anaknya di dalam sebuah akidah Syariat Islam menuju “Nur Jannah (Cahaya Surga)”, seorang suami yang sholeh adalah suami yang akan selalu menjaga istri dan anak-anaknya dari api neraka.


Semoga menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Share on Google Plus

About tdmenha pujon

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.