SUDAH ADA CATATANNYA


SUDAH ADA CATATANNYA

Kenapa kita harus Susah atau kecewa pada hal yang belum bisa kita dapatkan ? Toh Alloh jauh-jauh hari telah berfirman :
Sudah ada catatannya
مَا أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِّن قَبْلِ أَن نَّبْرَأَهَا إِنَّ ذٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

"Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah." (Al-Hadid : 22)

لِّكَيْلَا تَأْسَوْا عَلَىٰ مَا فَاتَكُمْ وَلَا تَفْرَحُوا بِمَا آتَاكُمْ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

"(Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri" (Al-Hadid : 23)

Semua macam musibah di dunia ini semunya telah ditulis di lauhil mahfudz. Sudah ada catatannya yang erat kaitannya dengan “مَا أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ …. Fabima kasabat Aidinnas” lalu sikap kita sebagai seorang muslim ya : sudah ditulis, tinggal menjalani saja, opo jarene Alloh. Kalau sudah tahu seperti itu,yang muncul : Innalillahi wa inna ilaihi roojiun. Gak usah susah-susah /nggersah "wong wis ono catatane"

Kalaupun ada kenikmatan atau kesenangan, maka tidak menjadi sombong, berbangga diri ataupun meremehkan orang lain, sebab di akhir ayat disebutkan “Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri”, toh semua sudah ada catatannya. 

Di ayat lain ada larangan “fabi dzalika fal yafrohu..” bergembiralah dengan anugrah Alloh karena anda bisa mensyukuri. Bagaimana cara mensyukurinya ?. Cara bersyukur adalah dengan mau berbagi. Dapat uang 1 M, mau berbagi dengan ngundang selametan atau bagi uang 10rb lah. Kalau punya ilmu ya ditularkan ilmunya. Bisa juga dengan jabatan untuk mengasihi orang lemah. Bahkan nyenengno uwong lewat wajah yang sumeh, berseri-seri atau menyapa adalah berbagi. Memaafkan orang juga berbagi karena orang menjadi senang. 

Kesimpulannya, kalau anda ingin hidup senang dan tenang ? Senanglah Berbagilah. Tenang ini bisa tercipta karena lancar dan barokah.  Lihatlah pada orang yang di bawah kamu , dan jangan melihat orang yang di atas kamu (untuk urusan dunia) karena hal itu lebih layak dilakukan. Jangan sampai meremahkan Nikmat Alloh walaupun itu nasi karak (nasi yang sudah dijemur).

Baca Artikel Lainnya : Orang yang Bersabar Akan Mendapatkan yang Terbaik

Itulah mengapa kita harus mengeleti tangan setelah makan sebagai wujud syukur kita pada makanan yang nempel di tangan. Dari sulitnya mencari rizki, tahu-tahu membuangnya percuma. Kecuali kalau sambel ada madhorot di dalamnya. Kalau tersisa, jangan langsung dibuang, tahan dulu hingga jadi aking (karak) entah dimakan atau tidak atau nunggu basi dulu baru dibuang. Kalau punya Warung makan ? Ia harus imbang antara gampang membuang dengan gampang berinfaq agar berkah.

FORMULASI SYUKUR

الشكر ينتظم من ثلاثة , علم  ( معرفة النمة من المنغم / انه من الله) وحال (الفرح الحاصل بانعام  المنعم ) و عمل القيام بما هو مقصود المنعم و محبوبه 

Syukur itu terajut dari 3 hal :
  1. Ilmu, Tahu bahwa nikmat itu dari Alloh. Tidak beda antara dapat nikmat 1.000 atau 100.000 semua dari Alloh sehingga harus disyukuri
  2. Hal atau kondisi kita ketika mendapatkan kenikmatan, tersebut harus gembira pada nikmat yang didapat, alhamdulillah, barangnya tidak hilang. Kalaupun sampai hilang : Al Hamdulillah shodaqoh tanpa memberi. Pasti ada gantinya. Kita itu tidak ada apa-apa sudah dicukupi Alloh, apalagi kalau kita diuji ? Pasti akan ada apa-apa yang akan kita terima. Syaratnya : PASRAH KEMBALI DARI ALLOH, SEMUA DARI ALLOH.
  3. Beramal, melakukan sesuatu yang menjadi tujuan alloh memberikan kenikmatan itu. Jangan Tabdzir, Isrof, undat-undat, medit sebab Alloh gak seneng. 


Share on Google Plus

About tdmenha pujon

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.