Taubat An Nasuha

توبة النصوحا
“Taubat yang semurni-murninya”
نصح – ناصح – نصوحا
          Betul-betul memberikan nasihat kesadaran secara total. Tulus karena ingin mendapatkan ridhonya Alloh SWT.
توبة النصوحا
            Apabila taubat sebenar-benarnya maka akan diampuni semua dosannya dan kembali suci, karena sifat الرحمن – الرحيم Alloh yang menerima taubat seorang hamba dengan syarat tidak melakukan dosa-dosa yang pernah dibuat kembali.
كُلُ بَنِى أٰدَمٌ خَطَّاؤُنَ وَخَيْرُالخَطَاءِيْنَ التوايون
            “Seluruh bani Adam banyak melakukan dosa dan kesalahan dan sebaik-baik orang yang mau bertaubat kepada Alloh agar semua kesalahan tersebut diampuni”.
            Nafsu yang selalu mengarahkan kepada yang maksiat yang selalu bekerja sama dengan syetan tapi Alloh menciptakan akal untuk bagaimana tanggapan menangkal nafsu tersebut. Jangan sampai kita dikuasai nafsu, haruslah kita yang menguasai nafsu.
            Namun diantara dosa-dosa yang dilakukan ada (مكافرة) “peleburan dosa dengan sendirinya” antara lain sholat lima waktu yang setiap hari kita lakukan istiqomah ada laghe wudhu sebagai perontok dosa. Sedang kita wudhu dalam sehari lima kali. Namun dosa tersebut selalu rontok terus menerus tidak ada habisnya, gambaran kita yang begitu banyak melakukan dosa tapi masih tetap bisa diampuni dengan “Bertaubat kepada Alloh”.
            Dimaklumi orang-orang islam yang memiliki keimanan dalam hatinya, maka beruntunglah menjadi orang mukmin. Karena sampai matipun tifak ada penumpukkan dosa dan rugilah bagi orang-orang kafir yang selalu menumpuk-numpuk dosa sampai mati nanti.
نصوحا
            “Ada kesadaran bersungguh-sungguh ingin bertaubat kepada Alloh SWT”. maka kenalilah Alloh diwaktu senang maka Alloh akan memberikan perhatian diwaktu susah. Janganlah kita ingat Alloh ketika kita punya masalah saja. Namun selalu kta mengingat Alloh yang selalu kita lakukan. Contoh wiridan setiap harinya.
Taubat An Nasuha
thayyiba.com

            Ajaran Rosululloh dalam setiap harinya membaca istiqfar 70 kali dalam sehari agar selalu meminta ampun kepada Alloh, harusnya walau tidak ada masalah apa-apa kita selalu bertaubat dan mengingat Alloh, dan pada saat masalah datang menghampiri maka bisa dihindari dari taubat dan dzikrulloh yang selalu istiqomah dilakukan. Namun apabila seseorang hanya mengingat Alloh dan bertaubat saat punya masalah saja dan masalah tersebut ingin segera diselesaikan oleh Alloh maka berdo’alah kepada Alloh maka insya Alloh semua do’a yang dipanjatkan akan terkabul karena keluasan dan kejembaran Alloh SWT الرحمن – الرحيم.
Taklim Selosoan
Oleh Wifqi Nihayah
   


Share on Google Plus

About Heri Mas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.