Perangai yang Baik

الحديث الحادي والثلاثون
فِى حُسْنِ الْخُلُقِ
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ :﴿ إِنَّكُمْ لَا تَسَعُوْنَ النَّاسَ  بِأَمْوَالِكُمْ  وَلكِنْ   لِيَسَعْهُمْ مِنْكُمْ بَسْطُ اْلوَجْهِ وَحُسْنُ الْخُلُقِ
Hadits Ketiga Puluh Satu
Perangai yang Baik
Diriwayatkan dari Abu huroiroh Radhiyallohu anh beliau berkata : Rosululloh Sholallohu alaihi wasallam bersabda :    sesungguhnya kalian tidak bisa melapangkan (memberi simpati) pada manusia dengan harta benda kalian, tetapi hendaknya mereka mendapatkan hal itu dari kalian berupa wajah yang berseri-seri dan perangai yang baik﴿   
وفي رواية إنكم لن تسعو الناس
Apabila ingin memberikan sesuatu pada orang lain dan merata itu tidak mungkin pasti di sisi lain ada hal yang harus dipertimbangkan. Hidup butuh dengan orang lain, maka senangkan dan jangan dikecewakan dan jika semua dilakukan dengan senang maka semuanya akan menjadi baik.
رض الناس  من رض الله
Akhlaq dengan sifat-sifat alloh yang dominan dengan Menilai seseorang tidak lepas dari kesaksian, menyenangkan orang lain itu sangat penting karna dalam kehidupan ini kita pasti membutuhkan orang lain.
رض الناس غاية لا تدرك
Ibadah vertical = sholat  
Ibadah Horizontal = zakat
Dalam hidup bersama orang lain maka dengan akhlaq yang mulia dan ketika bersama orang lain belajar untuk sumeh, ramah karena itu adalah modal حسن الخلق. Modal pokok dalam bermuamalah dengan orang lain dengan حسن    الخلق mengambil simpati bagaimana caranya agar orang lain senang dengan kita yakni dengan حسن    الخلق
Kepada siapa saja bisa berkata dan dengan ucapan yang baik, tidak menyakiti perasaan orang lain bicara yang baik hasilnya juga baik. Kadang ada orang bicara marah dan tidak marah sama saja tidak ada bedanya.
بسط الوحه  Modal utama adalah wajah
وبذل الندى   Ibarat embun
و كف الاذى Sebisanya kita  /  menahan menyakiti
Ex : وبذل الندى  menyenangkan orang lain dengan sedikit memberi kurma
Lebih dari cukup harus kita lakukan
Bicara   السعة semuanya adalah Alloh yang bisa membuat dan memberikan kecukupan dan hanya Alloh yang membuat semuanya lebih dari cukup. Dan apabila berbuat dengan akhlaq yang baik maka Alloh akan memberikan yang terbaik pula.
 Sekarang ada ilmu bicara dan seperti apa orang-orang dalam mencari ilmu dan ada ilmu public speaking dan apabila sudah belajar ilmu hadits dan di amalkan itu lebih baik.
اذا بوأتم بالمكارم  فاتموها
Al-Kifayah adalah sifat Alloh
Bagaimana apabila seseorang berakhlaq dengan akhlaq Alloh dan menyenangkan orang lain maka inilah seseorang akan mendapat nilai yang tinggi disisi Alloh dengan perangainya seorang hamba yang akan sampai pada derajat yang tinggi disisi Alloh karena perangainya yang baik, dan ini bukanlah orang yang abid dan ini semua karena فى   حسن  الخلق
خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ (الاعرف 199)
Dengan  حسن  الخلق siapa tahu untuk timbangan akan menjadi nambah
“Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan ma’ruf dan jangan pedulikan orang-orang bodoh” (Al-A’raf 199)
يعمل الجمل  جملكما و نعم الحمل انتما
Sebaik-baik unta adalah untamu dan sebaik-baik tunggangan adalah kalian berdua.
Kesan khusus Abina bersama Abuya saat ziarah bicara masalah hadits, dan ada orang yang memasukkan anaknya sekolah di Kristen dan orangnya membuat hadits “Barang siapa yang makan krupuk maka akan diridhoi oleh Tuhannya”.(روه  المسلم )
العفو   mengampuni kesalahan orang lain. Mengampuni kesalahan orang lain dan tidak memberi kesaksian
والفضل والمعروف
Sesuatu yang baik jangan diangap remeh itulah hal yang termasuk akhlaq yang baik, yang mana Rosululloh SAW mengajarkan apabila selesai makan tangannya atau jarinya di kelamuti.
Memilih sesuatu yang baik
Meskipun Indonesia dipimpin oleh ajaran wali songo tapi tidak menghancurkan candi-candi yang ada. Setiap perbuatan yang dilakukan dengan baik di sebut dengan المعروف
Para ulama mengatakan “Asas-asas muamalah yang baik dan hal-hal yang berasal dari akhlaq yang baik. Komunikasi di bangun dengan salam, salim, senyum, dan sapa modal  untuk simpati pada orang lain. Interaksi yang dibangun yang akhirnya mendapat simpati dari orang lain.
“Nyenengno wong lan nguwongno wong. Nggatekno wong lan ora nggelakno uwong.”
Istirahatnya Abina adalah di mobil
Membuat orang dapat masuk surga itu karena  حسن  الخلق bagus akhlaqnya, dan akan menjadi terpilih karena bisa beribadah dan orang yang dekat untuk berbuat baik
ان افضل ما يرضع  فى الميزان حسن الخلق (رواية  ابو داواد)
Dengan akhlaq yang baik yang akan menjadikan timbangan tambah berat dan mendapat ridho Alloh swt.
“Cakrawala gambaran حسن  الخلق yang Alloh berikan dan tunjukan karena dari orang-orang yang berbuat baik, gropyak, ramah, sumeh dan menyenangkan orang lain”.
Semua butuh proses untuk mencapai حسن  الخلق
Taklim  :  Jalaul Afkar

Oleh   :   Fatih Wahyul Qoyyum Ummu Tsiqoh

Perangai yang Baik
www.ummi-online.com

Share on Google Plus

About Heri Mas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.