Sifat - sifat Seorang Murobby

“Orang ketika mulazamah dengan Murobby, ini akan bisa merubah sikap. Sikapnya akan terpengaruh dengan apa yang dilakukan Murobby.” (Abi Ihya’ )
Berkaitan dengan istilah murobby, bahwa murobby muthlaq seluruh makhluk yang ada hanyalah Allah azza wa jalla. Sang pencipta alam raya. Tuhan yang mengurus segalanya. Mencurahkan kenikmatan-kenikmatannya yang demikian agung kepada seluruh makhluk. Fadzalikumullohu Robbukumul haq.
Namun pada sisi yang lain, Istilah Murobby juga merupakan sebuah predikat yang ada pada seseorang. Istilah ini disematkan kepada seseorang yang melakukan empat hal, yakni: Mendidik hati. Memperbaiki akhlaq. Menuntun menuju Allah. Dan dengan bersuhbah dan bermulazamah dengannya, seseorang terjaga dari sekian kemaksiatan dan kejelekan.
Murobby teragung orang mukmin tiada lain adalah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Rasulullah senantiasa berusaha membersihkan hati dan jiwa kaumnya. Mereka mendapatkan predikat yang tinggi disisi Allah dengan mengikuti sunnahnya. Baik sunnah yang berupa ucapan atau perbuatan. Juga dengan mengikuti detail penjelasan kitab Allah al-Qur’an. Beliau adalah sosok teladan terbaik bagi mereka.
Dalam kitab Ushuttarbiyah al Islamiyah dijelaskan bahwa, tugas terpenting dari seorang murobby adalah:
1.       Tarbiyyah, yakni mengembangkan dan membersihkan. Mengembangkan jiwa untuk menuju Pencipta dan menjauhkannya dari keburukan, serta menjaganya supaya senantiasa dalam kondisi bersih.
2.       Taklim, yakni mentransfer ilmu, aqidah dan keyakinan bagi akal pikiran dan hati manusia mukmin, sehingga mereka mampu mengaplikasikannya dalam suluk dan kehidupannya.

Seorang Murobby harus memiliki 10 karakter:
1.       Sasaran, Suluk dan pemikirannya bersifat Robbany. Yakni berkaitan erat dengan Robb, Allah ta’ala. Dengan mengaplikasikan ketaatan kepada Allah, beribadah kepada-Nya, mengikuti Syariat-Nya, mengerti akan sifat-sifat-Nya.
2.       Ikhlas. Tiada tujuan lain dari semua yang ia lakukan kecuali untuk meraih ridlo Allah, supaya bisa wushul kepada-Nya, menyebarkan kebenaran kepada orang-orang, juga supaya mereka mau mengikuti Allah.
3.       Sabar dalam mengajar dan memahamkan keilmuan kepada santri-santri yang notabene memiliki kadar pemahaman dan kecerdasan berbeda-beda.
4.       Jujur dengan apa yang ia sampaikan. Dan tandanya adalah menerapkan dan mengamalkan ilmu yang ia sampaikan sebelumnya untuk diri sendiri.
5.       Senantiasa membekali diri dengan ilmu dan kajian. Serta menguasai benar ilmu yang ia ajarkan. Seorang murobby harus memiliki keilmuan yang luas, hafalan yang kuat, serta pemahaman yang mendalam. Sehingga ia dihormati dan dipercaya oleh santri, juga supaya ia bisa memberikan faidah seperti yang diharapkan.
6.       Memahami berbagai macam metode pembelajaran. Serta mampu memilih metode yang sesuai untuk setiap materi yang akan disampaikan.
7.       Menguasai ilmu kepemimpinan. Meletakkan urusan pada posisinya, jika bersifat longgar tak mempersempit dan jika bersifat ketat tak mempermudah. Mencintai dan menyayangi santri dengan tanpa berlebihan.
8.       Mengajari diri pribadi santri pada jenjang yang diajarkan, sehingga senantiasa menyesuaikan dengan kadar pemahaman dan kesiapan mereka.
9.       Bersikap adil terhadap seluruh santri. Tiada condong terhadap sekelompok dari mereka. Tiada mengutamakan satu santri atas santri yang lain kecuali dengan kebenaran.
10.   Senantiasa menjadi Pembina dan pengarah. Mengerti masalah kekinian dan solusi islam tentangnya. Berusaha mendengarkan setiap permasalahan santri, mencari penyebab dan menyelesaikannya dengan hikmah.

Maka murobby, bukan hanya pengajar belaka. Lebih dari itu, bahwa ia seorang penanggungjawab akan sisi tazkiyah dan taklim santri-santrinya. Sehingga tak heran, jika bersuhbah dengan sosoknya akan memberikan dampak dan pengaruh yang besar bagi sikap dan kepribadian seseorang. Bukankah dikala kita bersuhbah dengan seorang penjual minyak wangi paling tidak kita akan menjadi wangi?.
Maka semoga kita bisa dimudahkan Allah untuk memproses diri menjadi sosok Murobby idaman. Sehingga kita bisa dikumpulkan bersama Murobby utama orang-orang mukmin, yakni Baginda Rasulillah shallallahu alaihi wasallam. Aamiin.

Sifat - sifat Seorang Murobby


Share on Google Plus

About Heri Mas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.