ADAB MAKAN DAN MINUM

ADAB MAKAN DAN MINUM
Pentingnya kita mendapatkan "Keberkahan MAkanan" adalah di situ ada "Al Khoirul AL Ilahiyyu". Ada banyak cara untuk mendapatkannya yang bisa ditempuh dengan  ber-suhbah pada Malaikat.  Ketika kita melaksanakan perintah agama yang bernilai sehingga akan membuat kita lebih dekat malaikat, maka para malaikat akan mendoakan kita dengan Doaaul kalaah (Al Hifdzu Wal Istighfar). Selain itu dengan dekat pada Malaikat, menjadi dekatlah kita dari setan. Dengan kata lain bila kita makan dengan cara dan adab islam, mendekatkan diri pada malaikat yang membawa keberkahan dan menjauhkan setan.
Contohlain ketika selasai sholat dan kita berdzikir, berdoalah maiakat pada kita اللهم لا تحرنا صحبة ملائكتك وبركتهم "ALLOHUMMARHAMU WAGHFIR HU",  
Inilah kenapa ada doa2 dan dzikir yang menyertai sholat sehingga kita selalu disertai malaikat dan terhindar kita dari setan.
Doa Salafuna Sholih : Allohumma latahrimna shuhbata malaikatika wabarokatahum.
Hidup yang disertai dzikir = dekat dengan malaikat = dekat dengan keberkahan.
Dalam makan juga begitu. Disini kita tidak memulai makan sebelum berdoa dan menunggu orang yang kita hormati makan. Pernah suatu saat di jaman Rosululloh, (Layasbiqo....} seorang wanita/budak seakan-akan ada yang mendorong dan nyelonong untuk mengambil makanan. Maka Rosulolloh langsung memegang tangan wanita itu. Lalu datang arang 'a'rob yang melakukan hal itu dan Rosululloh menangkap tangannya. Rasululloh lalu berkata : "Sesungguhnya setan itu {yastahillu Thoama...} meyakini  tidak menyebut nama Alloh. maka setan membaca jariyah ini untuk mengambil makanan ini (tanpa menyebut nama Alloh)
يستحل : يعتقد حلّه \
Klo makan lupa bazmalah = Kesetanan, kena setan. Ada doa :
ALLOHUMMA BAARIKLANA FIHI WA ATH'IMNA KHIRON MINHU (lIH tAFSIRAN iMAM Nawawi : Karena di dalam makan ada baikny dan ada buruknya, maka dengan doa ini diharapkan keburukan dari makanan itu dikeluarkan.
WA ATH'IMNA KHIRON MINHU, termasuk di dalamnya  adalah mengeluarkan formalin/borak atau hal-hal yang berbahaya di dalamnya.
يعتقد حلّه
Agar kita lupa membaca basmalah dengan jurus-jurusnya. Bila lupa baca : "bismillahi awalahu wa akhirohu" agar setan tidak ikut makan. Inilah kenapa kita harus membiasakannya dengan membacanya secara keras.
Dari Hadits ini berarti Rasululloh bisa melihat setan seperti hal-hal lain semisal melihat Rontoknya Dosa, Neraka, Rosululloh menyolati Muawiyah bin Muawiyah (Biasa wirid surat al Ikhlas) dari tabuk ke Madinah bersama 70rb Malaikat lainnya dan hal gaib lainnya.
ADAB MAKAN DAN MINUM
osolihin.net


 Adalah tidak wajar ketika ada Jariyah dan "arobi yang berani nyelonong mengambil makanan sehingga raoululloh memegang tangan beliau.
Setan atau iblis bisa menguasai manusia ketika kosong dari Dzikir Alloh, همز (evek dari jauh) \ مسّ (sudah masuk dalam diri manusia) Mereka bahkan bisa gendam, kunci (bear gk payu kawin), dibencikan, nyalahi dagangan tetanggane (Ditutup). Rosululloh mengajarkan agar jauh dari "Hamz dan Mass" adalah doa  : Robbi inni a'udzubika min hamazatisyaithon wa a'udzubika an yahdhurun". Setan sangat suka membuat seseorang lupa untuk mengingat Alloh sa'at ia mengingat Alloh (dalam Sholatnya)". Do'a ini sunnah dibaca saat akan sholat.
Di sini kita memilih doa dari Shohabat : "Allohumma aatini Afdholamaa tu'ti 'ibadakas Sholihin". Sangat pentingnya doa ini kalo dapat keberkahan do'a ini. Kalo dari 100 eh dapat 10 % , bukankan sudah sangat baik ???. Inilah salah satu cara menbuat saithon muring-muring. Bukan masalah bid'a atau tidak. Dolo Usholli (Qoblat Takbir) dan Qunut dibilang bid'ah. Anak kecil jongkrok-jongkroan sebelum sholat apa boleh ??. Boleh Banget .... apalagi Usholli ?
-------------------------------
 Tawadhuk :
 beliau malu pada saudara beliau (Nabi Sholaiman) untuk memperlihatkan setan ke penduduk madinah yang sudah meminta kamampuan untuk menguasi setan dan jin.
Cara makan bareng setan
Makan dengan tangan kiri, jangan baca basmallah dan tangan kanan dimasukkan kobokan, 1 Talam.... pasti habis (Sumber : Abahe Abina).
-----------------
LAMABITA LAKUM WA LA ASYA'
Ada keikutsertaan setan dalam tinggal kita dirumah, makan, minum. Kata Imam Syuyuti bahkan dalam hal melaksankan biologis mereka juga ikut. Makanya klo mau itu : "Allohumma Janibisyaithon ..... wa janibisyaitona maa rozaqtana".
 Dari Hadis no. xxx ini mensyariatkan adanya kesunahan mengeraskan dalam berdoa saat mau masuk rumah dan makan agar
----
Zuhrufal Qoul 
Malaikat dekat = setan menjauh, malaikat jauh = setan yang mendekat, KLO SETAN DEKAT : Zuhrufal Qoul (al Ghururo, keluar kata-kata fasad ex : Andai surga dan neraka gak ada padahal : AL JANNATU HAQ, WAN NAARU HAQ......, Jadi ateis kita ??). Kata-kata yang tidak disukai alloh dihiyasi dengan segala kebaikan. Ex : Riba disebut Bunga, Penyayi disebut bintang2.
------
Bismillahir Rohmanirrohim
Kembali pada Bismillahnya yang berakar dari satu titik yang menggambarkan ketauhidan tunggal
Pidato gemetar, baca Bismillah ..,. tak gentar. 
Dengan ini bisa tenang hati kita.
Klo orang satu dunia berkehendak buruk pada kita kalo Alloh gak berkehendak maka gak bisa.
----
Santri
Tawakkalu 'alalloh, pas muleh bingung ?. Ilmune santri harus diilmuni dengan penduan Murobbi.
----
Dulu vs Sekarang
Tempat Paling Baik adalah masjid, yang paling buruk adalah pasar, sekarang pasar masuk ke kita (lewat HP),  makanya kita harus punya protek.


Share on Google Plus

About Heri Mas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.