METODE TARBIYAH RUHIYYAH MELALUI BERKHIDMAH




METODE TARBIYAH RUHIYYAH MELALUI BERKHIDMAH
Ada 4 hal yang bisa membuat berlaku congkak, angkuh dan sombong yaitu; karena ilmunya, kedudukannya, keturunannya (nasab), dan paras wajahnya. Kelebihan yang Allah berikan berupa 4 perkara itu seharusnya dapat menjadi jalan kebaikan. Bagi setiap orang tidak perlu minder, karena dari mereka tentu 1 dengan yang lainnya memiliki kelebihan dan kekurangan, hanya saja tidak boleh angkuh dengan kelebihan tersebut harus dibarengi ketewadhuan.
Ketawadhuan mengajarkan kita untuk bisa menghilangkan sifat ananiyah. Oleh karena itu metode tarbiyah ruhiyyah melalui jalan berkhidmah adalah upaya untuk mendidik jiwa agar bisa mengikis sifat keangkuhan. Khidmah banyak bentuknya di antaranya; khidmah kepada Guru, pondok, dan teman. Dari khidmah ini yang akan menjadikan ilmu seseorang menjadi khidmah.
Khidmah ini berangkat dari pengajaran para pendahulu kita. Nabi Isa dengan Hawarinya, Rasulullah dengan para sahabatnya. Mereka dididik oleh Rasulullah hingga menjadi manusia yang bukan lagi Nabi dan malaikatnya yang memuji tapi Allah yang memuji mereka.
-----------------------------METODE TARBIYAH RUHIYYAH MELALUI BERKHIDMAH-------------------------------------------------
Ada hal yang menarik dari khidmah ini. Dawuh Abina; keberkahan orang yang berkhidmah akan terasa manakala mereka pulang, in syaa Allah akan lebih mendapat sambutan baik di kalangan masyarakatlah dan kebermanfaatan ilmu dan keberadaannya akan lebih terasa dibanding orang yang tidak berkhidmah.
METODE TARBIYAH RUHIYYAH MELALUI BERKHIDMAH
citizen6.liputan6.com

Sebagaimana yang disampaikan oleh Abuya: Sampai kapanpun kamu adalah seorang santri. Ini merupakan pengajaran pentingnya memiliki sifat tawadhu'. Tidak berpegang pada kebanggaan karena sudah menjadi seorang ustadz. Maka lagi-lagi khidmah mencoba mendidik jiwa kita.
Pena Barokah Santri
Tartib wa Talkhis- Abu Bariza
Wallahu Ta'ala A'lam Bisshowab


Share on Google Plus

About Heri Mas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.