Menyenangkan Orang lain

“Dunia itu terlaknat. Apa saja yang menjauhkan dari Alloh maka jauh dari rahmat Alloh. Kecuali orang-orang yang mengingat dan apa saja yang mendekatkan kepada Alloh maka dekatlah dari kerahmatan Alloh” (HR.Tirmidzi)
            Hidup di dunia diperuntukkan untuk menginggat Alloh  (ذكرالله) dimana saja kita berada agar selalu menginggat Alloh untuk mendapat Rahmatnya Alloh SWT. Sungguh Alloh tidak akan pernah melihat akan dunia karena dunia dan seisinya ini ciptaan Alloh dan tidak ada guna bagi Alloh. “Jika Alloh menghargai sepatah sayap nyamuk yang ada di dunia maka sungguh Alloh setetes airpun kepada orang-orang kafir”.
            Ex : orang-orang kafir yang hidup dalam gelimagan harta, hidup mereka banyak untuk kemaksiatan tanpa mengingat Alloh (ذكرالله) mereka lebih memuja tuhan mereka, hingga menyekutukan Alloh. Mereka-mereka itu akan mendapat laknat dari Alloh dan jauh dari rahmat Alloh. Begitupun di zaman sekarang kebanyakkan umat muslim yang lupa akan tujuan hidupnya di dunia untuk mengingat Alloh.
            Ada jiwa yang seolah-olah ahli ibadah. Namun dalam ibadahnya seorang tersebut tidak melihat Alloh, namun melihat amalnya termasuk (كفرخافى) kufur samar-samar maka Akan jauhlah dari rahmatNya Alloh.
            Hidup ini ada laknat Alloh dan rahmat Alloh. Dan apa saja perbuatan di dunia yang mendekatkan kepada Alloh, terus mengingat Alloh maka tidak akan dilaknat oleh Alloh dan akan mendapat rahmat Alloh. Ex : maka hidup di dunia yang harus pertama dibenahi yaitu “Niat”, niat karena Alloh. Apa-apa yang akan dilakukan niatkan beribadah dan mengingat Alloh.
Menyenangkan Orang lain
dedenhendrayana.wordpress.com


            Ada lagi seseorang yang mengerti akan agama (عالماومتعالمه) orang alim. Walau tidak menjadi orang alim paling tidak kita mengikuti, mendengarka ta’limnya orang alin maka tidak akan mendapat laknat Alloh. Dan Insya Alloh akan mendapat rahmatNya Alloh.. Amiin.. Ex: ngaos selosoan berjamaah, ta’lim bersama murobby.
            Banyak cara agar mendapat rahmat Alloh seperti ibadah horizontal (diantaranya menyenangkan orang lain).
فَأَحْسِنْ كَمَاأَحْسَنَ اللهُ أِلَيْكَ
            Dan ukuran hidup digambarkan dalam hidup yang dirasa, maka pergunakanlah untuk menyenangkan orang lain, itu semua kejembaran Alloh untuk kita dekat dengan Alloh dan mendapat rahmat Alloh SWT.
·         Infaq walau tiga biji kurma.
·         Berkata yang baik yang menyenangkan orang lain.
·         Sumeh dengan sesama
·         Jangan menyakiti atau menggangu orang lain (كف العدا).
Itu semua ibadah-ibadah horizontal yang dapat menyenagkan orang lain dan sama juga akan jauh dari laknat dan mendapat rahmat Alloh. Insya Alloh…
Mudah-mudahan kita hidup dalam rahmat Alloh dan jangan sampai mendapat laknat Alloh. Dengan berjamaah “ Ayo sareng-sareng gandol sarunge Abuya syarat kudu jamaah lan ngaos” Abina Ihya.

Taklim selosoan
Oleh wifqi Nihayah

26-April-2016
Share on Google Plus

About Heri Mas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.