Berkasih Sayang

الحَدِيْثُ السَّادِسُ وَالْعِشْرُوْنَ
عَنْ  عَبْدِ  اللهِ  بْنِ  عَمْرٍو  رَضِيَ  اللهُ   عَنْهُ    قَالَ   رَ سُوْلُ  اللهِ : ﴿الرَّحِمُوْنَ  يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمنُ.ارْحَمُوْا مَنْ  فِى  الْأَرْضِ  يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِى السَّمَاءِ .....﴾
Dari Abdulloh bin Amr Radhiyallohu anh beliau berkata : Rosululloh Sholallohu alaihi wasallam bersabda : orang-orang yang penyayang akan selalu disayang oleh Alloh. Sayangilah orang yang ada di bumi niscaya yang ada di langit selalu menyanyangimu…. ﴿
Kata  مَنْ disini adalah untuk siapa saja : Manusianya, Hewannya, lingkungannya.  Rahmat Alloh menyeluruh pada seluruh penduduk langit dan jumlah mereka sangat banyak. Yakni malaikat jumlahnya sangat banyak dan tempatnya luas, terbuat dari cahaya, begitu  banyak jumlah malaikat di langit sampai di ibaratkan berbunyi “kriet-kriet” dan Alloh memberi kasih sayang kepada para malaikat.
Kalau kamu rindu dengan kasih sayang Alloh maka bersifat kasih sayanglah seperti Alloh, untuk dirimu sendiri dan orang lain, jangan mengekang dengan kebaikanmu, berikanlah kebaikanmu pada orang lain, kalau punya ilmu berkasih sayanglah dengan ilmu, punya harta berkasih sayanglah dengan harta, dan lain-lain.
 Berkasih sayang tidak hanya antar sesama manusia tapi juga semua makhluq hidup seperti hewan dan tumbuhan, apabila hewannya penganggu (فواشي)  maka diperbolehkan untuk di bunuh seperti : tikus, kutu dan lain-lain.
Alloh memiliki banyak sifat-sifat yang mulia dan dikelompokkan menjadi tiga yaitu :
1.      صفات  الجلا لة    keagungan Alloh.
2.      صفات  الجمال   keindahan dan kebesaran Alloh.
3.      صفات  الكمال  kesempurnaan Alloh

Ini menunjukan sifat kesempurnaan Alloh bagaimana manusia mengaplikasikan, dan semuanya kembali pada kesempurnaan Alloh.

 
Berkasih Sayang
desispectryani.blogspot.co.id
Share on Google Plus

About Heri Mas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.