Bagaimakah Allah Memberikan Kekuasaan

بسم الله الرحمن الرحيم
كَيْفَ يُوَلِّي اللهُ الْأَمْرَ
قَالَ اللهُ تَبَارَكَ تَعَالَى:[قُلِ اللّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكَ الْـخَيْرُ إِنَّكَ عَلى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ] آل عمران: 26.

مِنْ مَظَاهِرِ تَصَرُّفِ اللهِ تَعَالى الْمُطْلَقِ فِى مُلْكِهِ أَنْ يُعْطِيَهُ لِمَنْ يَشَاءُ وَيَنَزِعُهُ مِمَّنْ يَشَاءُ مِنَ الْأَفْرَادِ وَالْأُمَمِ بِسَبَبِ ظُلْمِهِمْ وَفَسَادِ حُكْمِهِمْ وَسُوْءِ سِيَاسَتِهِمْ كَمَا نُزِعَتِ الْمُلْكُ وَالنُّبُوَّةُ مِنْ بَنِي إِسْرَائِيْلَ لَمَّا خَرَجُوْا عَلَى الدِّيْنِ وَأَسَاءُوْا الـْحُكْمَ وَاسْتَعْمَلُوا الظُّلْمَ , سُنَّةُ اللهِ وَلَنْ تَجِدَ لِسُنَّةِ اللهِ تَبْدِيْلًا , وَيُعِزُّ مَنْ يَشَاءُ وَيُذِلُّ مَنْ يَشَاءُ  وَالْعِزَّةُ وَالذُّلَّةُ لَا تَتَوَقَّفُ عَلَى الْمُلْكِ أَوِ الْمَالِ فَكَمْ مِنْ مَلِكٍ ذَلِيْلٌ وَكَمْ مِنْ فَقِيْرٍ عَزِيْزُ الـْجَانِبِ وَشَاءَ اللهُ أَنْ يُوَلِّيَ الْأَمْرَ فِى مُلْكِهِ كَمَا أَشَارَ فِى قَوْلِهِ: [وَكذلِكَ نُوَلِّي بَعْضَ الظَّالِمِيْنَ بَعْضًا بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ] الأنعام:129.
قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ فىِ تَفْسِيْرِ هذِهِ الْأيَةِ : إِنَّ اللهَ إِذَا أَرَادَ بِقَوْمٍ خَيْرًا وَلَّي عَلَيْهِمْ خِيَارَهُمْ وَإِذَا أَرَادَ بِقَوْمٍ شَرًّا وَلَّي عَلَيْهِمْ شِرَارَهُمْ  فَعَلي هذَا الْقَوْلِ أَنَّ الرَّعِيَّةَ مَتَي كَانُوْا ظَالِمِيْنَ سَلَّطَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْهِمْ ظَالِمًا مِثْلَهُمْ  فَمَنْ أَرَادَ أَنْ يَخْلُصَ مِنْ ظُلْمِ ذلِكَ الظَّالـِمِ فَلْيَتْرُكِ الظُّلْمَ ( تفسير الخازن 2/158)
وَقَوْلُهُ (بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ) يَعْنِي يُسَلِّطُ عَلَيْهِمْ مَنْ يَظْلِمُهُمْ بِسَبَبِ أَعْمَالِهِمْ الْخَبِيْثَةِ الَّتِي اكْتَسَبُوْهَا . وَهَذَا التَّفْسِيْرُ بِمَعْنَي حَدِيْثِ (كَمَا تَكُوْنُوْا يُوَلَّي عَلَيْكُمْ) ذَكَرَهُ الْعَجْلُوْنِي فِى كَشْفِ الـْخَفَا وَقَالَ رَوَاهُ الْحَاكِمُ وَأَخْرَجَهُ الْبَيْهَقِيْ  بِلَفْظِ: (يُؤَمَّرُ عَلَيْكُمْ) وَرَوَاهُ الطَّبَرَانِيْ  بِمَعْنَاهُ عَنِ الْحَسَنِ أَنَّهُ سَمِعَ رَجُلًا يَدْعُوْ عَلَى الْحَجَّاجِ  فَقَالَ لَهُ: "لَا تَفْعَلْ إِنَّكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَتَيْتُمْ إِنَّا نَخَافُ إِنْ عُزِلَ الْحَجَّاجُ أَوْ مَاتَ أَنْ يَتَوَلَّي عَلَيْكُمُ الْقِرَدَةُ وَالْخَنَازِيْرُ" (كَشْفُ الْخَفَا وَمُزِيْلُ الْإِلْبَاسِ ص 126-127)
وَأَنْشَدَ بَعْضُهُمْ فِى هَذَا الصَّدَدِ:
بِذُنُوْبِنَا دَامَتْ بَلِيَّتُنَا # وَاللهُ يَكْشِفُهَا إِذَا تُبْنَا
وَمِنْ دُعَاءِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ((أَللّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا بِذُنُوْبِنَا مَنْ لَا يَرْحَمُنَا)) رَوَي ابْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ  عَنْ مَنْصُوْرٍ بْنِ الْأَسْوَدِ قَالَ : سَأَلْتُ الْأَعْمَشَ عَنْ قَوْلِه تَعَالَى (وَكذلِكَ نُوَلِّي بَعْضَ الظَّالِمِيْنَ بَعْضًا...) مَا سَمِعْتَهُمْ يَقُوْلُوْنَ؟ قَالَ: سَمِعْتُهُمْ يَقُوْلُوْنَ إِذَا فَسَدَ النَّاسُ أُمِّرَ عَلَيْهِمْ شِرَارُهُمْ .(منتهي السول للعلامة الشيخ عبد الله اللحجي ص3/378)
قَالَ الرَّازِي فِى مَفَاتِيْحِ الْغَيْبِ ص 13/150:
(وَأَيْضًا الآيَةُ تَدُلُّ عَلَى أَنَّهُ لَا بُدَّ لِلْخَلْقِ مِنْ أَمِيْرٍ وَحَاكِمٍ لِأَنَّهُ تَعَالَى إِذَا كَانَ لَا يُخَلِّيْ أَهْلَ الظُّلْمِ مِنْ أَمِيْرٍ ظَالِمٍ فَبِأَنْ لَا يُخَلِّيَ أَهْلَ الصَّلَاحِ مِنْ أَمِيْرٍ يَحْمِلُهُمْ عَلَى زِيَادَةِ الصَّلَاحِ أَوْلَي .
أَللّهُمَّ أَصْلِحْ مَنْ فِى صَلَاحِهِ صَلَاحُ الْمُسْلِمِيْنَ وَأَهْلِكْ مَنْ فِى هَلَاكِهِ صَلَاحُ الْمُسْلِمِيْنَ . أَللّهُمَّ إِنَّا نَجْعَلُكَ فِى نُحُوْرِهْمْ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شُرُوْرِهِمْ  آمِيْن.
 .
= والله يتولي الجميع برعايته =




بسم الله الرحمن الرحيم
Bagaimakah Allah Memberikan Kekuasaan?

Allah tabaaraka wa ta’ala berfirman:
“Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kekuasaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kekuasaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”(QS Ali Imran:26)

Termasuk di antara bentuk kebijakan mutlak Allah dalam kuasaNya adalah Dia bisa memberikan kekuasaan kepada orang yang dikehendakiNya, dan atau mencabutnya dari seseorang atau umat yang dikehendakiNya oleh sebab kezaliman, carut marut hukum dan keburukan tatanan yang mereka (berlakukan) sebagaimana kekuasaan dan kenabian itu dicabut dari Bani Israel karena mereka telah melawan agama, melaksanakan hukum secara sewenang-wenang dan berbuat kezaliman. Itulah aturan kehidupan Allah (sunnatullah), dan tidak pernah akan kamu dapatkan perubahan dalam sunnatullah.
Dia-lah (Allah) yang memuliakan atau menghinakan orang yang dikehendakiNya, sementara kemuliaan dan kehinaan tidak terbatas pada kekuasaan atau kekayaan. Betapa banyak seorang raja itu hina dan betapa banyak orang miskin itu begitu mulia.
Dan sudah menjadi kehendak Allah akan memberikan kekuasaan sebagaimana diisyaratkan dalam firmanNya: “Dan demikianlah, Kami akan jadikan sebagian orang-orang yang zhalim itu sebagai penguasa (yang menindas) atas sebagian lain (yang telah berbuat zhalim) sebab apa yang telah mereka perbuat(QS al An’am:129).

Menafsirkan ayat ini, Abdullah bin Abbas ra berkata: “Sesungguhnya ketika Allah berkehendak baik kepada suatu kaum maka Dia akan menjadikan orang-orang baik sebagai pemimpin-pemimpin mereka. Dan jika Allah berkehendak buruk atas suatu kaum maka Allah akan menguasakan mereka kepada orang-orang jahat di antara mereka”.
Berdasarkan penafsiran ini, bisa disimpulkan bahwa ketika rakyat menjadi kumpulan-kumpulan orang-orang yang zhalim, maka Allah pasti akan menjadikan orang zhalim yang serupa sebagai penguasa atas mereka. Jadi barang siapa ingin selamat dari dari kezaliman orang zhalim tersebut maka hendaklah ia menghindarkan diri dari kezaliman.
(Lihat tafsir al Khazin 2/158)

Firman Allah (…sebab apa yang telah mereka perbuat)  maksudnya Allah akan memberikan kuasa kepada orang yang akan menzhalimi mereka disebabkan perilaku buruk yang telah mereka lakukan. Tafsiran ini selaras dengan hadits:
“Seperti apa (keberadaan)  kalian maka seperti itulah dikuasakan (dijadikan pemimpin) atas kalian”
(Disebutkan oleh Imam al Ajluni dalam Kasyful Khafa. Ia berkata: HR Hakim dan Baihaqi)
Juga diriwayatkan oleh Imam Thabarani dari Hasan al Bashri sesungguhnya beliau mendengar seseorang mendoakan buruk Hajjaj bin Yusuf. Hasan lalu memberi nasehat: “Jangan lakukan, sungguh kalian datang (dengan demikian) dari diri kalian sendiri. Sungguh aku khawatir apabila Hajjaj dipecat atau mati maka justru kera-kera atau babi-babi yang akan menjadi penguasan kalian”
(Kasyful Khafa wa muziilul ilbas hal 126-127)

Tentang hal ini, sebagian ulama menulis syair:
Sebab dosa-dosa, bencana senantiasa melanda kami
Allah pasti akan menghilangkannya jika kami taubati

Dan di antara do’a Rasulullah Saw adalah: “Ya Allah, janganlah kuasakan kami sebab dosa-dosa kami,  kepada orang yang tidak berbelas kasih kepada kami”

Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan dari Manshur bin al Aswad yang berkata:
Aku bertanya tentang firman Allah, “Dan demikianlah, Kami akan jadikan sebagian orang-orang yang zhalim itu sebagai penguasa (yang menindas) atas sebagian lain (yang telah berbuat zhalim)…” bagaimanakah engkau mendengar komentar mereka? Al A’masy menjawab: “Aku mendengar mereka mengatakan bahwa jika manusia telah rusak maka orang-orang jahat akan dijadikan sebagai pemimpin mereka”
(Lihat Muntahas suul.Imam al Allamah As Syekh Abdullah bin Said al Lahji 3/478)

Imam Ar Razi dalam Mafaatih al Ghaib 13/150 mengatakan:

Dan ayat ini juga menunjukkan bahwa suatu komunitas harus memiliki seorang amir atau hakim, karena sesungguhnya jika Allah tidak membiarkan komunitas zhalim kecuali harus dipimpin oleh amir yang zhalim, maka tentu Dia lebih tidak membiarkan komunitas yang baik kecuali harus dipimpin oleh seorang amir yang mendorong mereka untuk terus menambah kebaikan.

Ya Allah, perbaikilah seseorang yang dalam kebaikannya ada kebaikan bagi kaum muslimin. Hancurkan lah orang yang dalam kehancurannya ada kebaikan bagi kaum muslimin. Ya Allah sesungguhnya kami menjadikanMu di leher-leher mereka (ibarat mencekik mereka) dan kami memohon perlindunganMu dari keburukan-keburukan mereka. Amin

= والله يتولي الجميع برعايته =

Bagaimakah Allah Memberikan Kekuasaan





Share on Google Plus

About Heri Mas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.