TAMPIL ANGGUN DAN MEMPESONA DENGAN ILMU, ADAB, DAN DZAUK


TAMPIL ANGGUN DAN MEMPESONA DENGAN ILMU, ADAB, DAN DZAUK
كتاب الأشربة
باب ما يفعل الضيف اذا تبعه غير من دعاه صاحب الطعام استحباب إذن صاحب الطعام التابع
                Kita diajarkan oleh Rasulullah untuk meminta izin kepada _shohibuttho'am_ agar mengizinkan sahabat yang ikut serta bersama beliau yang mereka itu tidak mendapat seruan undangan. Ada perbedaan antara orang yang diundang dan orang yang tidak diundang. Diibaratkan sebuah benalu, orang yang tanpa diundang tapi ikut serta makan di pertemuan tersebut.
TAMPIL ANGGUN DAN MEMPESONA DENGAN ILMU, ADAB, DAN DZAUK
santrigaul.net

Sebuah cerita, ketika Abina bersama Abuya. Ada seorang yang sebenarnya Abuya cinta kepadanya, tapi suatu waktu orang tersebut ikut dalam sebuah rombongan akan tetapi dia bukan bagian orang yang diundang, tiba-tiba Abuya mengetahui hal itu, dan beliau memperlihatkan ketidaksenangan dengan hal ini.
الربانى هو الذى يعلم صغار العلم قبل كباره.
                Itulah sifat pendidik sejati yang ada pada diri Abuya. Beberapa hal yang terkait dengan sulukiyyah dan syakhshiyyah dalam kehidupan, Abuya sangat memperhatikan bimbingan dalam dimensi pengajaran Rasulullah. Inilah kebijaksanaan dan ketegasan beliau dalam penerapan syariat Rasulullah.
                Suatu kemuliaan orang yang menjadi seorang pendidik. Tapi ingat, hal itu jangan sampai menjadikan seseorang berbangga diri. Jangan sampai disematkan pada diri kita orang yang disebutkan oleh Rasulullah kadzabta. Jangan sampai kesombongan itu menghancurkan amal baik tersebut.
                Oleh karena itu, di sinilah pentingnya sentuhan ilmu tashawwuf pada diri seseorang. Yang akan membersihkan kekotoran-kekotoran dalam amal ibadah. Ilmu tashawwuf membentuk pribadi seseorang tampil terlihat anggun dan menawan dengan akhlak yang indah mempesona.
Mensinergikan Ilmu, Adab, Dzauk
                Sebuah fenomena kehidupan, keberpihakan seseorang pada sebuah kesalahan dan kemaksiatan. Itu terjadi pada tazqiyah diri seorang  Rabbani. Jangan sampai mereka digolongkan orang yang banyak disebutkan oleh Rasulullah dengan kalimat rubba (berapa banyak; pen).
Ada Kiai yang orientasinya keakhiratan adapula yang keduniawian. Itulah apa yang diajarkan dalam membentuk pendidik sejati dengan mensinergikan tiga unsur ilmu, adab, dzauk.
                Di dalam penolakan sesuatu hal, islam mengajarkan sebuah penolakan yang baik dan sopan dikenal dengan istilah raddun jamil. Dalam berinteraksi, sangat dianjurkan menggunakan bahasa yang lunak penuh etika. Pastinya menyesuaikan dalam situasi dan kondisi. Ini bukan hal yang mudah. Terkadang dalam sebuah majelis hal-hal seperti ini diabaikan.
Ketelitian dan Selektif Dalam Ilmu Hadits
                Hal ini telah dilakukan oleh Muslim. Beliau begitu selektif dan ketatnya dalam menelaah hadits. Bahkan dalam stadium matan pun, jangan sampai penyebutan lafadz ada yang berbeda dari sumber aslinya. Semisal jika disebutkan قال رسول الله maka katakanlah kalimat tersebut bukan malah merubah قال النبي. Hal ini merupakan upaya dari para Imam-Imam hadits untuk tetap menjaga keorisinalitasan hadits Nabi.
                Hingga lahirlah kaidah yang diusung oleh para Imam hadits. Lafadz-lafadz kenabian dengan dimensi wahyu merupakan hal yang lebih utama. Bukan menafikan keberadaan bentuk lafadz yang lain, dalam hal ini hanya mengutamakan lafadz kenabian. Tidak perlu yang satu menyalahkan yang lain. Perlu disampaikan dengan cara yang baik, dengan etika yang bagus. Jangan mudah menyalahkan orang lain.
                Semisal penelaahan doa dalam sujud sahwi, maka Imam Nawawi (Syeikhu fii Syafi'iyah) mengatakan dzikir di sujud sahwi sama dengan dzikir sujud di dalam sholat. Begitupun jika kita seksama menelaah dalam ucapan yang disebutkan oleh seorang muadzin dalam adzan subuh. Ketika disebutkan الصلاة خير من النوم kemudian dijawab oleh kaum muslimin dengan kalimat صدقت وبررت hal itu jika mengacu dalam hadits maka tidak akan dijumpai periwayatannya.
Share on Google Plus

About Heri Mas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.