Si Pandai dan si Pandir

الحديث   الثلا ثون
فى الكيس و العلجز
عن شدادبن اوس رضي الله عنه  عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: الكيس من دان نفسه وعمل لما بعد الموت  والعا جز من انبع نفسه هواها وتمنى على الله الأ ما نى
Hadist ke tiga puluh
Si Pandai dan si Pandir
Diriwayatkan dari Syaddad bin Aus ra. Dari nabi SAW. Beliau besabda : “orang yang (jenius atau Pandai) adalah orang yang bisa mengoreksi diri sendiri dan beramal untuk bekal setelah kematian. Orang yang lemah (Idiot atau Pandir) adalah orang yang senangtiasa memperturuti kemauan hawa nafsu dan banyak berangan kepada Alloh akan sekian banyak harapan (tanpa usaha)
الكيس   :  العا قل
            حسن النالتأنى في الأمور
Bagus dalam berfikir اتآنىفي berbuat yang bijak dalam perbuatannya. Sifat yang ada pada dirinya Al-kiyasah menagambil apa saja dan yang memberi manfaat. Ada orang yang pandai tapi pemarah, ada yang pandai tapi sok.
Di sebut Al-kayyis menurut pandangan Rosululloh adalah
دان نفسه
دان نفسه اى على الطا عة
Membiasakan dirinya dalam tradisi yang selalu taat pada Alloh
الدين : الرأب على الطاعة
Juga memilih agama yang taat
Semuanya perlu proses. Yang dalam arti taat yakni yang selalu menjalankan dan membiasakan hal-hal yang berhubungan dengan ketaatan.
si pandai dan si pandir
Ngokos.com

 Jangan meremehkan walau hanya dimulai dari dzikir bil lisan. Yang terwujud at-tanwir pencerahan diri. Yang membawa sebagai kekuatan agama yang menjadikan ketaatan dalam agama. Yang mana dalam hal ini apabila yang menang agama maka ia cerdas karna dalam hal ini ia mengutamakan ketaatan dalam agama. Bukan karna jabatan, gelaran, atau yang lain tapi karena ketaatan pada agama. Dan jika menang maka inilah yang disebut orang yang cerdas.
1 دان نفسه على الطاعة
2 حا سب نفسه
Dari pagi ia memulai untuk bermuhasabah pada Alloh dan hal yang di lakukan adalah yang ucapkan adalah dzikir kepada Alloh dan selalu meluangkan waktunya dengan dzikir kepada Alloh dan melakukan yang lebih baik. Dan yang dilakukan orang sholeh adalah yang selalu melakukan dzikir  kepada Alloh SWT.
3 اذ لها سعدرها وقهرها
Mengutamakan dan berusaha mengalahkan nafsunya dan melakukan perintah tuhan-tuhannya
الشارعه
Yang mana apabilasudah dewasa akan terikat dengan syariat. Dalam penegakkan rumah, pondasi yang tidak terlihat dan yang terlihat adalah aksesoris rumah. Dan kekuatan agama adalah yang dicari. Dan agama adalah yang membuat cerdas menurut rosululloh.
Pemikiran orang yang cerdas kapanpun ia akan mati dan siap tidak siap ia akan mengalami. Dan mati adalah finish dari segala apapun yang dilakukan dalam hidup. Dan akan pindah ke kehidupan akhirat dan disana hanya ada dua kehidupan surga dan neraka
Manusia sekarang ibaratnya hanya tidur saja dan apabila sudah mati maka ia baru sadar. kata hikmah
النَّاسُ نِيَامْ وَاِذَاَمَا تُو ااِنْتَجَهُوا
Yang dimulai ibadah disisi Alloh
Orang kafir memilih agama dan orang islam mencintai dunia
الكيس          ><        الشحبه
القادر             ><        العلجز
لاصخيرةمع الاحرارولا كبيرةمعالاستنعفار الجنةماهي بلاش والرنياهى مزاع

Surge itu tidak gratis dan tidak dengan bergurau. Biasanya walau sudah kalau sudah bergurau lupa dengan apa yang harus ia lakukan
والعارىالعارى منالرين
Orang yang cerdas adalah orang yang beramal untuk kemaatian

  
Share on Google Plus

About Heri Mas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.