Istihlal Ma'had Nurul Haromain

25 Syawal 1437 H / 31 juli 2016


Acara Pembacaan Sholawat 
Pagi yang cerah bagi para santri ma’had Nurul Haromain. Tidak seperti hari biasa pada umumnya, hari ini para santri di sibukkan dengan berbagai kegiatan guna mensukseskan acara istihlal ke 25 yang di adakan di Ma’had Nurul Haromain. Semua santri dan panitia menempati post sesuai dengan yang telah di sepakati dalam rapat koordinasi, mulai dari bagian konsumsi, perlengkapan, acara, sampai petugas parkirpun telah bersiap meyambut para jamaah yang akan menghadiri acara kali ini.  Bukan hanya panitia yang terlihat begitu sibuk. Banyak juga para penjual yang sibuk membuka lapak guna menjajakan dagangan mereka kepada para jama’ah.
Ketika waktu telah menunjukan jam 8, acarapun dimulai dengan lantunan bacaan sholawat dan satu persatupun jamaah mulai datang menempati area istihlal yang telah di sediakan pihak panitia. Tidak sedikit jamaah yang ikut larut dalam pembacaan sholawat nabi, mereka semua mengikuti pembacaan sholawat dengan khusyuk bahkan ada yang sampai meneteskan air mata karna rasa rindu yang amat dalam kepada Rosululloh.
Hari semakin siang, semakin banyak jamaah yang telah hadir, acara sholawat pun telah usai dan akan segera dilanjutkan menuju acara inti. Dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-quran, dilanjutkan dengan pembacaan fawatih dzikir jama’i serta tausiah yang saat ini diisi oleh KH Ihya Ulumiddin dan KH Ridwan Yasin dari surabaya. Namun acara kali ini berbeda dengan acara istihlal pada tahun-tahun sebelumnya, untuk acara kali ini dibarengi dengan acara akad nikah oleh beberapa pasangan.
Hari semakin sore acarapun diisi dengan tausiah yang pertama oleh KH ihya’ ulumiddin selaku khodimul ma’had Nurul Haromain. Kemudian acarapun dilanjutkan pada tausiah kedua yang disampaikan oeh KH Ridwan Yasin, akan tetapi sebelum menuju ke tausiah yang kedua ada beberapa jamaah yang memutuskan untuk pulang kerumah masing-masing. Tetapi hal itu tidak mempengaruhi antusias jamaah lain untuk tetap berada di lokasi guna mendengarkan tausiah dari KH.Ridwan Yasin dari surabaya.

Hari telah menunjukan pukul 5 sore tausiahpun telah usai dan kini masuklah ke dalam acara inti yakni saling bersalaman anttara para jamaah untuk saling memaafkan dan mendoakan satu sama lain. Dan jamaahpun satu persatu pulang meninggalkan lokasi menuju rumah masing-masing. 
Share on Google Plus

About Heri Mas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.