NASI KEBULI UNTUK HAUL ABUYA

Senin 8 September 2008/8 Ramadhan 1429

Seperti telah disepakati dalam Musyker di Mbuden Lamongan bahwa Haul Abuya menjadi salah satu agenda tahunan rutin ma’had. Keputusan ini kemudian dimatangkan lagi oleh Khadimul Ma’had bahwa Haul Abuya ditetapkan terlaksana pada setiap Kamis ketiga bulan Ramadhan.

Acara Haul pun disepakati dilaksanakan setelah Maghrib dan disambung dengan tarawih, tetapi siang itu, selepas jama’ah zhuhur, Abi memanggil seluruh teman yang ada di ma’had (termasuk Awail). Sesudah semua berkumpul Beliau pun dawuh: [Sepertinya kalau acara Haul hanya dengan makan gorengan dan minuman ala kadarnya kurang waah. Makan bersama setelah acara akan lebih semarak. Karena itu menurutku sebaiknya acara Haul dilaksanakan setelah ashar sampai menjelang maghrib dan dilanjutkan buka bersama. ]

Kira-kira berapa biayanya?” tanya Abi. Salah seorang menjawab: “Kalau undangan sekitar 500 orang maka uang 2,500.000 Insya Allah sudah cukup”. Abi dawuh: “Kalau begitu aku nyumbang 1 juta, yang lain coba mencari sumbangan dari Aghniya’ yang termasuk Minal Muhibbiin Abuya (pernah datang di Rushaifah)

Abi kemudian menelphon akhi Mubin yang menurut informasi dari akhi Ikhwan baru dikasih orang 5 ekor kambing dan baru diambil tiga, mungkin masih tersisa. Apalagi akhi Mubin juga baru dikaruniai putera, mungkin sekalian Aqiqah. Abi lalu menelphon akhi Mubin, tetapi beberapa kali tidak ada jawaban. Abi lalu menelpon Pak Sufyan Batu. Ternyata pas, sejak kemarin ketua al Munqidz Batu itu telah berfikir kapan ya ada Haul Abuya dan aku akan memberikan kambing. Akhirnya Pak Sufyan berjanji mencarikan satu kambing. Joos, sudah ada satu kambing, dan uang 1 juta. Acara Haul sepertinya akan berjalan sesuai keinginan Abi. Amin.




Share on Google Plus

About Bapak e Muhammad

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.