KEGIATAN DI BULAN ROMADHON

Senin 15 September 2008

Pagi hari usai wirid subuh, Abi memberitahukan kepada para santri bahwa ada dana 15 juta dari malaysia, itu berarti I’tikaf tahun ini gratis seperti dua tahun sebelumnya.
Beliau juga memberitahukan bahwa akh Shalahuddin Muslim masih belum bisa kembali ke pondok karena ada tugas mengantar keberangkatan Khadimah. Berarti harus menunjuk orang lain sebagai ganti PJ I’tikaf. Akh Fathul Kiram akhirnya ditunjuk menjadi PJ.
tidak masalah rom, semakin banyak wazhifah akan mendidik anda cepat dewasa” celetuk salah seorang teman kepada akh Kiram yang juga merupakan PJ Istihlal.
Sore hari, ba’da Ashar, sekitar jam 16.00. para wali murid baru mulai berdatangan dalam acara buka puasa, nuzulul qur’an dan tarawih bersama Abi. Acara pun baru dimulai pukul 17.00. dengan pembacaan ayat suci Alqur’an dan sambutan direktur. Selanjutnya do’a Asyhadu an laa ilaaha illallah, astaghfirullah, as’alukal jannah wa a’udzu bika minannar yang langsung dipimpin Abi. Waktu maghrib tiba. Setelah berbuka dengan kurma dan es buah dilanjutkan dengan shalat maghrib. Lalu makan bersama dengan menu yang dibawa oleh para wali murid sendiri. Sementara Abi dan direktur serta beberapa tokoh masyarakat makan bersama di tempat Bang Nanang.

Setelah makan bersama, tentu saja para wali murid banyak yang langsung ngeloyor pulang, meski acara belum selesai. Masih ada taushiah Abi dan shalat tarawih bersama Beliau.

Pada akhir taushiah kepada wali murid, Abi memberikan pengarahan pentingnya tidak lagi mempermasalahkan tarawih 8 atau 20 puluh, yang perlu dipermasalahkan adalah mereka yang tidak mau menjalankan shalat tarawih. Beliau pun menjelaskan kenapa harus 8 dan kenapa harus 20. yang pada akhirnya, kebijakan beliau adalah tarawih 8 rakaat karena waktu sudah malam dengan catatan kepada wali murid bahwa biasanya Beliau tarawih 20 bersama para santri jika melaksanakannya ba’da Isya’.



Share on Google Plus

About Bapak e Muhammad

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.. tapi mohon maaf untuk spam akan kami hapus langsung.